ID Facebook

Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris?

Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris?

Penguasaan bahasa asing, terlebih bahasa Inggris, merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan anak agar mampu bersosialisasi secara luas dan mencetak prestasi skala global.

Namun, tak sedikit orangtua yang bertanya kapan waktu yang paling tepat anak belajar bahasa asing. Banyak sekali penelitian berusaha mencari jawaban atas pertanyaan ini.

Sayangnya, belum ada kesimpulan menyebut usia secara pasti, sebab belajar bahasa dipengaruhi banyak faktor, seperti lingkungan, motivasi, dan kualitas pengajaran.

 Usia 3 tahun

Pada periode usia ini, anak memiliki kemampuan alami untuk belajar bahasa dan berkembang pesat selama 3-4 tahun pertama kehidupan anak. Melansir laman sahabat keluarga kemendikbud, Elizabeth Allen, warga negara Inggris pengajar bahasa Perancis dan Inggris, mengatakan, usia ideal bagi anak belajar bahasa asing adalah tiga tahun, hal tersebut berdasarkan pengalaman yang ia dapat selama mengajar bahasa asing sejak 1986.

Namun, ia mengingatkan, belajar bahasa asing harus dibuat menyenangkan. Orangtua harus mendampingi dan menciptakan suasana belajar yang santai. “Belajar yang paling efektif adalah melalui lagu, permainan, ataupun menonton program televisi dan film dalam bahasa asing,” ucap Allen yang pernah mengajar bahasa di berbagai negara.

Allen menyarankan, mendengarkan dan belajar menyanyikan lagu-lagu asing adalah cara terbaik untuk memperkuat pembelajaran bahasa asing. Ia menyarankan orangtua agar mendorong putra-putri belajar bahasa asing sebelum usia 11 tahun. Sebab, berdasarkan pengalamannya, anak di usia 11 tahun ke atas akan mengalami kesulitan belajar bahasa asing dibanding sebelum usia tersebut.

 Usia 4-10 tahun

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Boston College, Amerika Serikat, memang tidak menyebut spesifik usia anak dikenalkan pada bahasa Inggris. Namun, peneliti menyarankan bahwa pelajaran bahasa asing harus dimulai sebelum anak berusia 10 tahun. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian terhadap 670.000 anak yang mereka rilis tahun 2018.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kemampuan belajar bahasa anak mulai melemah di usia dewasa dibanding saat anak-anak. Joshua Hartshorne, asisten profesor psikologi Boston College yang menulis penelitian ini, menuturkan, otak dapat menyerap bahasa asing secara maksimal justru di usia belia. “Inilah mengapa orang dewasa lebih sulit belajar bahasa dibanding anak-anak,” tulisnya dalam laporan penelitian yang ia rilis.

Usia 11-15 tahun

Remaja yang belajar bahasa Inggris sebelum berusia 15 tahun memiliki pengucapan yang lebih baik dibanding anak yang belajar di atas usia tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mulai belajar bahasa asing pada rentang usia belasan tahun ini memiliki tes kemampuan bahasa yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang belajar di usia 8 tahun.

Belajar di rumah Gratis dengan EF yang telah memiliki pengalaman lebih dari 56 tahun di Indonesia, EF membuka program yang bisa diakses kapan saja, yang membuat belajar menjadi makin mudah. Program-program yang kami miliki terlengkap dan tersedia dari usia 3 tahun hingga dewasa :

Small Stars 3-6 tahun, High Flyers 7-9 tahun, Trailblazers 10-13 tahun, Frontrunner 14 tahun ke atas, General English (kelas adult), Business English, Persiapan Tes International (TOEFL/IELTS) Dengan adanya berbagai program tersebut EF berharap semua orang tetap dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya dari usia dini 3 tahun - usia dewasa.

Ditambah lagi, kamu berkesempatan untuk mendapatkan kelas demo GRATIS dan voucher khusus dari EF jika kamu mengisi formulir yang bisa kamu temukan di halaman ini. Asyik, kan?

Tunggu apalagi? Segera klaim voucher-mu sekarang. Penawaran terbatas

Yuk Test kemampuan bahasa inggrismu sudah sampai mana: klik disini

 

Close

Kelas Percobaan Gratis