ID Facebook

Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Hal yang kamu harus ketahui dalam Membuat Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

Hal yang kamu harus ketahui dalam Membuat Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

Motivation letter menjadi salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa, untuk mendapatkan beasiswa tersebut kita juga memerlukan motivation letter sebagai salah satu persyaratannya. Selain untuk beasiswa sekolah, motivation letter juga biasa digunakan sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan.

Ada banyak tahapan dan berkas yang akan kamu kumpulkan sebagai syarat mendaftar beasiswa atau studi. Namun, motivation letter akan menjadi rangkuman perjalanan dan prestasimu. Pada dasarnya, hal ini menjadi sangat penting karena berperan sebagai pintu utama yang digunakan tim seleksi untuk memutuskan apakah kita berhak mendapatkan beasiswa, atau posisi yang kita lamar.

Motivation letter adalah tulisan berupa esai yang berisi tentang who are you, what are your life goals, what potential do you have, educational background, dan apa harapan kamu nanti yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Dengan motivation letter yang menarik, pihak universitas atau perusahaan akan melihat kesungguhan dan kelayakanmu untuk menerima beasiswa atau pekerjaan.

Bagaimana caranya membuat motivation letter dalam bahasa Inggris?

1.Kenali perusahaan atau universitas yang dilamar

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah seberapa jauh kamu mengenal beasiswa dan perusahaan yang kamu tuju. Jika mereka melampirkan guiding questions, maka jadikan panduan tersebut sebagai senjata agar kamu fokus pada poin yang harus disampaikan.

Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mencari hubungan antara dirimu dengan mereka. Jangan lupa juga untuk tulis kalimat secara terstruktur ya! Caranya adalah dengan membuat outline atau poin penting yang harus ada dalam motivation letter sesuai dengan guiding questions. Jika tidak ada, kamu dapat mengacu pada poin di bawah in

·   What attracted you to this specific program?

·   What are your skills or qualities that match the specific program, and how do you benefit them?

·   Why do you fulfill the requirements? 

2. Pembuka

Hal pertama yang perlu kamu tuliskan dalam motivation letter adalah pembuka. hindari membuka motivation letter dengan kalimat-kalimat yang mainstream dan terlalu umum.

Pada bagian pembuka kamu perlu memberikan pesan tersirat yang menggambarkan who you are, what are you applying for, dan why are you applying. Selain itu, gunakan kalimat yang menarik sehingga reviewer tertarik untuk membaca motivation letter kamu lebih lanjut.

Contoh motivation letter bagian pembuka:

Dear XXX,

My name is Nadya, and I would like to express my interest in applying for the Bachelor's program in Communication Science at XX University. I've always dreamed of being someone who can contribute to my country, especially to improve the quality of news in the community to avoid hoax news. I believe that a bachelor's degree in Communication Science from XX University would set me miles ahead to reaching my goal.

3. Isi motivation letter

Bagian isi merupakan kesempatan yang perlu kamu manfaatkan sebaik mungkin.Isi merupakan bagian terpenting dalam motivation letter. Dibandingkan pembuka dan penutup, tentu saja isi harus lebih panjang sekaligus padat.

Agar reviewer semakin tertarik dengan motivation letter yang kamu buat, harus terdapat tulisan yang dapat menjual kualitas diri kamu di bagian isi. Tentunya harus didasarkan pada kualitas kamu di bidang tersebut. Namun, jangan mengulang apa yang telah kamu tuliskan dalam curriculum vitae (CV).

Hal yang perlu dimasukkan pada bagian ini adalah pengalaman, motivasi, dan tujuan.

Berikut frasa yang bisa digunakan dalam membuat motivation letter bahasa Inggris.

·   I have been a part of … for … months/years. …

·   My passion for …

·   … resonates with me because …

·   I want to … because …

·   I remember once when I …., which made me realize that …

·   I developed my passion for …

·   Working/study in … allowed me to get …

4. Penutup

Agar kamu lulus mendapatkan beasiswa atau tempat kerja impian, kita perlu membuat akhir yang membuat reviewer semakin tertarik. Di bagian penutup ini kita harus menunjukkan hal apa yang akan dilakukan setelah lulus dan kenapa mereka harus memilih kita.

Kamu bisa menggunakan frasa seperti, I’d love to be a part of … it would allow me to …

Setelah motivation letter yang kamu buat selesai, jangan lupa untuk melakukan proofread agar terlihat lebih profesional dan mencegah salah pengejaan atau tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Jika kamu ingin ahli dalam membuat Motivation Letter bergabunglah di EF! Kami mempunyai guru yang profesional dan metode yang unik yang akan memberimu pengalaman berbeda nan seru dalam belajar.

Sampai jumpa di kelas! klik disini untuk coba kelas gratis, atau banner di bawah ini ya.

 

 

Close

Kelas Percobaan Gratis