ID Facebook

Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Kenali Level / Tingkat Bahasa Inggrismu

Kenali Level / Tingkat Bahasa Inggrismu

Yakinkah kamu telah mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni? Atau kamu masih bertanya-tanya sudah seberapa baik kemampuan bahasa Inggrismu? Kamu bisa loh mengukurnya dengan CEFR yang akan dijelaskan pada artikel berikut!

Pernahkah kamu merasa bingung dengan kapasitas berbahasa Inggrismu? Barangkali kamu pernah ragu untuk menentukan apakah keterampilanmu masih tergolong pemula, menengah, atau justru sudah mahir. Sebenarnya, dengan mengetahui CEFR, kamu dapat mengatasi masalah tersebut. Dalam CEFR, terdapat 6 tingkat yang bisa dijadikan acuan untuk menilai kemampuan bahasa Inggrismu. Penasaran dengan apa itu CEFR dan apa saja tingkatannya? Yuk, ketahui lebih jauh dengan membaca artikel di bawah!

Berkenalan dengan CEFR

CEFR merupakan singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages, yakni standar internasional yang digunakan untuk menaksir kecakapan atau kemampuan berbahasa seseorang yang banyak dipraktikkan di Eropa. CEFR diberlakukan untuk beberapa bahasa, salah satunya adalah bahasa Inggris. Keterampilan bahasa Inggris seseorang, baik secara pasif maupun secara aktif, dapat diukur dengan standar ini.


Di luar CEFR, ada pula beberapa standar internasional untuk menggambarkan sejauh mana kecakapan berbahasa Inggris, seperti EF SET, TOEFL, IELTS, dan TOEIC.

6 Tingkatan CEFR

Terdapat enam tingkatan dalam CEFR yaitu: A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advanced, dan C2 Proficient.

1. A1 Beginner

Level pertama dari CEFR adalah A1 atau beginner/pemula. Seseorang yang berada di level ini mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang masih sangat dasar. Pemahaman dan penggunaan bahasa Inggris hanya seputar kosa kata yang umum dan kalimat yang sederhana.

2. A2 Elementary

Pada level kedua CEFR yang disebut dengan A2 atau elementary/dasar ini, kemampuan bahasa Inggris seseorang tercermin dari interaksi dalam bahasa Inggris yang masih terbatas. Jadi, orang dengan level A2 atau elementary dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris, tetapi pembahasan hanya mencakup hal-hal tertentu yang telah dikuasai. Misalnya, seseorang yang dapat memahami cerita pendek yang didengar dan seseorang yang dapat bercerita tentang lagu favoritnya.

3. B1 Intermediate

Melangkah ke tingkat berikutnya, level ketiga dikenal dengan sebutan B1 intermediate/menengah. Pada level ini, seseorang bisa berbahasa Inggris secara pasif dan aktif dengan topik yang lebih variatif daripada level sebelumnya, baik dalam situasi informal maupun formal (tetapi terbatas). Contohnya dapat bercakap-cakap tentang cita-cita dan gaya hidup, hingga mengikuti wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

4. B2 Upper Intermediate

Di level keempat dari CEFR, kamu bisa menyebutnya dengan B2 atau upper intermediate/menengah atas. Seseorang yang berada di level ini ditunjukkan dengan penguasaan bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan tanpa adanya banyak kendala. Biasanya akan terlihat bahwa orang tersebut mampu memahami dan mempraktikkan bahasa Inggris yang relatif kompleks. Salah satu contohnya adalah dapat membuat teks tentang topik-topik sosial dengan penjelasan yang detail.

5. C1 Advanced

Level kelima dalam CEFR adalah C1 advanced/lanjutan. Apabila seseorang menduduki level ini, artinya ia bisa menggunakan bahasa Inggris untuk kepentingan akademis dan profesional. Tidak ada lagi kesulitan untuk memahami ataupun menerapkan bahasa Inggris dalam hampir semua kesempatan. Ia dapat mengemukakan gagasannya dalam bentuk lisan dan tertulis terkait beragam topik dengan spontan, fasih, dan percaya diri.

6. C2 Proficient

C2 atau proficient/ahli ialah level keenam sekaligus terakhir dari CEFR. Seseorang yang berada di level ini memiliki posisi yang setara dengan native speaker (penutur asli). Itu berarti yang bersangkutan dapat memakai bahasa Inggris dalam situasi dan kondisi apapun.

Jadi, kamu ada di level yang mana nih? Setelah mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggrismu, selanjutnya kamu bisa menyesuaikan apa saja yang perlu dipelajari supaya terus berkembang.



Kalau ingin belajar bahasa Inggris dengan hasil yang maksimal tetapi tetap menyenangkan, bergabunglah di EF! Kami mempunyai guru yang profesional dan metode yang unik yang akan memberimu pengalaman berbeda nan seru dalam belajar bahasa Inggris.

Kamu berkesempatan untuk memperoleh diskon kursus spesial ditambah dengan bonus kelas GRATIS* jika kamu mengisi formulir pada voucher di halaman ini.

Sampai jumpa di kelas! klik disini untuk coba kelas gratis, atau banner di bawah ini ya

Close

Kelas Percobaan Gratis