Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Memahami Cause dan Effect dalam Bahasa Inggris

Memahami Cause dan Effect dalam Bahasa Inggris

Pernahkah kamu mendengar apa itu sebab dan akibat? Sebab adalah hal yang menimbulkan terjadinya sesuatu sedangkan akibat adalah hasil dari adanya penyebab tersebut.

Jika dalam bahasa Inggris, sebab dan akibat disebut juga sebagai cause (sebab) dan effect (akibat). Hmm, kira-kira bagaimana ya cara menulis cause dan effect di dalam bahasa kalimat bahasa Inggris?

Penjelasan Cause dan Effect

Cause

Kata cause dalam bahasa Inggris bisa masuk ke dalam kategori noun atau pun verb. Pada noun berarti seseorang atau sesuatu yang menyebabkan sesuatu terjadi. Pada verb berarti tindakan yang membuat sesuatu terjadi.

Contoh:

The cause (noun) of fire was the electrical short (Penyebab terjadinya kebakaran tersebut adalah konslet listrik)

The electrical short caused (verb) the fire. (Konslet listrik menyebabkan kebakaran)

Effect

Sama seperti cause, effect pun bisa kita lihat dalam kalimat noun atau verb. Pada noun berarti perubahan yang merupakan akibat dari suatu tindakan atau sebab. Sedangkan dalam verb, effect ditulis menjadi affect yang berarti menghasil sebuah efek atau menyebabkan perubahan pada sesuatu.

Contoh:

Did the noise have an effect (noun) on your concentration? (Apakah kebisingan memiliki efek pada konsentrasimu?)

Did the noise affect (verb) your concentration? (Apakah kebisingan mempengaruhi konsentrasimu?)

Contoh Kalimat Cause and Effect

Untuk mengungkapkan sebab dan akibat dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan kata dan frasa tertentu yakni:

A.Jika diikuti oleh noun atau frasa noun

Due to

Contoh: Due to heavy rain (cause), we can’t go to concert (effect). (Dikarenakan hujan lebat, kita tidak bisa pergi ke konser)

Because of

Contoh: He got good grade (effect) because of his study habits (cause). (Dia mendapatkan nilai yang bagus karena kebiasaan belajarnya)

Owing to

Contoh: I didn't attend the practice (effect) owing to the headache (cause). (Saya tidak datang ke latihan karena sakit kepala)

As a consequence of

Contoh: He can’t take the exam (effect) as a consequence of cheating (cause). (Dia tidak bisa mengikuti ujian karena menyontek)

As a result of

Contoh: As a result of illegal hunting (cause), the number of wild animals began to decrease (effect). (Sebagai hasil dari perburuan liar, jumlah hewan liar mulai berkurang.

Thanks to

Contoh: Thanks to your help (cause), we were successful (effect). (Berkat bantuan Anda, kami berhasil sukses)

B.Jika diikuti oleh subject + verb atau frasa verb

Because

Contoh: Because he was sick (cause), he did not cook well (effect). (Karena dia sedang sakit, dia tidak bisa memasak dengan baik)

Since

Contoh: The concert was canceled (effect) since it’s raining (cause) (Konsernya dibatalkan karena hujan)

As

Contoh: As it is raining again (cause), we will have to stay at home (effect). (Karena hujan lagi, kita harus tinggal di rumah)

For

Contoh: I decided to call it a day (cause) – for I was feeling tired (effect). (Saya memutuskan untuk mengakhiri hari, karena saya merasa lelah)

Apakah kamu sudah memahami cause dan effect dalam bahasa Inggris? Tentunya kamu bisa membaca grammar dan vocabulary lainnya supaya bahasa Inggrismu semakin terasah dengan baik!

Jika kamu ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggrismu, EF English First bisa menjadi andalanmu agar jago bahasa Inggris di sekolah. EF memiliki program premium online class untuk usia 3-18 tahun. Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan aspek kemampuan bahasa Inggrismu. Dengan jumlah peserta yang terbatas dan dibimbing oleh seorang guru yang profesional, dijamin akan memberikan hasil yang optimal dan pengalaman belajar menyenangkan.

Tunggu apalagi? Segera klaim voucher-mu sekarang. Penawaran terbatas

Yuk Test kemampuan bahasa inggrismu sudah sampai mana: klik disini

Close

Kelas Percobaan Gratis