Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Mengapa Belajar Tatap Muka Baik Untuk Perkembangan Diri Anak

Mengapa Belajar Tatap Muka Baik Untuk Perkembangan Diri Anak

Belajar sendiri di rumah memang menyenangkan, apalagi jika kamu memiliki guru yang interaktif. Akan tetapi, belajar tatap muka bersama teman di kelas juga tidak kalah seru loh. Simak beberapa alasan di bawah ini, yuk!

Pada dasarnya, belajar dapat diibaratkan seperti bermain game konsol. Terdapat tantangan yang berbeda-beda di setiap levelnya. Pada saat kita menginjak kelas 1 Sekolah Dasar, hal yang diterangkan mungkin sesuatu yang lebih mudah. Tetapi, semakin kita beranjak ke jenjang kelas berikutnya maka tingkat kesulitan dari pelajaran yang diberikan akan bertambah.

Apalagi jika kamu memiliki target untuk menjadi juara di kelas maka harus mengerahkan kemampuan berpikir lebih dalam lagi supaya mendapatkan bintang yang sempurna. Oleh karena itu, belajar tatap muka dapat menjadi pilihan yang tepat, karena kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan guru untuk menanyakan apa yang sulit dipahami.

Berikut beberapa hal mengapa  belajar tatap muka baik untuk perkembangan diri anak. Yuk, cek di bawah ini!

1. Meningkatkan hard skills dan soft skills

Seperti yang kita tahu, hard skills dan soft skills merupakan keterampilan penting dalam hidup kita. Saat kita sedang belajar di sekolah, hard skills dapat diukur berdasarkan pemahaman terkait bahan ajar. Semakin paham dengan materi tersebut maka hard skills yang dimiliki semakin baik.

Oleh karena itu belajar secara tatap muka dapat memberikan kita fokus yang terarah di kelas, sehingga dapat memahami materi dengan baik.

Selain itu, ketika belajar tatap muka bersama teman-teman maka secara tidak langsung soft skills yang kita miliki akan terasah. Hal ini terjadi saat temanmu membutuhkan bantuan untuk menjelaskan materi tersebut lebih rinci dan kamu membantunya.

Berdasarkan hal tersebut, berdiskusi dengan teman maupun guru di kelas merupakan cara mudah untuk meningkatkan soft skills. Di samping itu, saat kita aktif dalam kegiatan atau pun organisasi juga dapat mengembangkan soft skills sesuai dengan apa yang dipelajari dari aktivitas di dalamnya juga, loh!

2. Pembelajaran yang interaktif

Sama halnya dengan hal pertama, kelebihan pembelajaran tatap muka ini ditandai oleh efektivitasnya dari cara belajar yang interaktif.

Saat belajar mandiri di rumah biasanya kita hanya akan berdiskusi melalui smartphone. Tentunya akan berbeda apabila kita bisa berinteraksi secara langsung dengan guru dan teman di kelas.

 Pembelajaran yang interaktif ini dapat memudahkan kita untuk lebih memahami materi yang paling mudah hingga materi tersulit. Umumnya, guru di kelas akan memberikan penjelasan materi dengan metode unik seperti bermain game, permainan kuis, focus group discussion, dan menonton animasi video.

3. Bertemu dengan banyak teman

Hal penting dari kelebihan pembelajaran tatap muka adalah bertemu dengan banyak teman. Sebagai makhluk sosial yang perlu berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama, berinteraksi dengan teman secara langsung merupakan hal yang paling menyenangkan. Bukan hanya berkomunikasi satu sama lain saja, melainkan kita dapat bermain dan meningkatkan kreativitas bersama teman di kelas.

4. Lebih kreatif dengan praktik secara langsung

Setiap mata pelajaran, umumnya memberikan konsep dan praktik yang dapat mengintegrasikan kemampuan kognitif siswa di sekolah. Misalnya pada mata pelajaran Sains, siswa-siswi diberikan tugas untuk membuat gunung api dan bagaimana prosesnya hingga mengeluarkan lahar panas. Tentunya hal ini diawasi secara langsung oleh guru sehingga kita dapat bertanya langsung kepada guru apabila terdapat konsep yang tidak dimengerti.

Berdasarkan hal tersebut, kelebihan pembelajaran tatap muka ini memberikan peluang bagi kita untuk dapat belajar secara kreatif dan menyenangkan.

5. Menghadapi pagi yang lebih produktif

Belajar tatap muka di kelas merupakan sebuah kegiatan produktif yang dapat kita lakukan setiap pagi. Mulai dari bangun tidur di pagi hari, berjalan santai ke sekolah, melakukan tugas piket mingguan, olah raga bersama teman kelas, hingga bertemu dengan teman dan berdiskusi bersama terkait tugas.

Apalagi jika tugas yang diberikan adalah pelajaran bahasa Inggris. Bagi yang tidak percaya diri dengan hasil yang telah dikerjakan, biasanya akan bertanya terlebih dahulu kepada teman yang sudah mahir.

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan hasil yang maksimal tetapi tetap menyenangkan, bergabunglah di EF! Kami mempunyai guru yang profesional dan metode yang unik yang akan memberimu pengalaman berbeda nan seru dalam belajar bahasa Inggris.

Beberapa kelas offline kita sudah buka loh #EFriends!, tunggu apalagi daftar sekarang, seat terbatas

Free Trial Class dan Free Placement Test dengan guru profesional kami.

Sampai jumpa di kelas! klik disini  atau banner di bawah ini ya

 

Close

Kelas Percobaan Gratis