ID Facebook

Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Penggunaan Kata "Hope" dan "Wish" dalam Bahasa Inggris Apa Perbedaanya ?

Penggunaan Kata

“Hope” dan “wish” adalah dua kosakata dalam bahasa Inggris  Kedua kosakata tersebut memiliki makna “berharap”, ternyata, keduanya memiliki perbedaan makna. Berikut beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan dari “hope” dan “wish”:

Makna hope dan wish

Mungkin kamu berpikir bahwa “hope” dan “wish” adalah dua kosakata yang sama dan bisa digunakan saling bergantian. Sebenarnya, hal itu tak sepenuhnya salah, karena “hope” dan “wish” memang kosakata yang menunjukkan “harapan”.

Saat menggunakan kedua kosakata tersebut dalam kalimat, kamu menunjukkan bahwa kamu sedang “berharap” akan sesuatu atau seseorang. Akan tetapi, makna dari “berharap” untuk masing-masing kata tersebut ternyata tak sepenuhnya sama.

“Hope” adalah kosakata yang menunjukkan harapan akan suatu hal yang masih mungkin terjadi dan “wish” adalah kosakata yang menunjukkan harapan akan suatu hal yang hampir tidak mungkin terjadi. Oleh sebab itu, kamu tidak bisa bergantian menggunakan “hope” dan “wish” karena keduanya menunjukkan makna yang tak sama.

Fungsi dalam kalimat

Selain makna, fungsi kata “hope” dan “wish” dalam kalimat bisa sangat berbeda. Bahkan, fungsinya juga bisa berbeda saat kamu menggunakan tenses yang berbeda untuk kosakata yang sama.

Contohnya, saat menggunakan kata “hope” dalam kalimat yang menggunakan present tense, makna yang terkandung di balik kata tersebut adalah “harapan” untuk suatu hal yang mungkin atau akan terjadi di masa depan.

Sementara itu, jika kamu menggunakan “hope” dengan past tense, itu tandanya kamu berharap untuk suatu hal yang sudah terjadi pada masa lalu. Akan tetapi, kamu “berharap” akan hal tersebut saat ini karena kamu tidak tahu apakah harapan tersebut sudah terjadi atau tidak.

Di sisi lainnya, penggunaan kata “wish” juga bisa berbeda jika digunakan dalam tenses yang berbeda. Misalnya, saat kamu menggunakan kata “wish” dengan present tense, itu tandanya kamu menyatakan “harapan” untuk suatu hal di masa depan, meski hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi.

Namun, saat kamu menggunakan kata “wish” dalam past tense, itu artinya kamu menunjukkan suatu penyesalan akan suatu hal yang mungkin bisa saja terjadi, tetapi pada akhirnya tidak terjadi dan kamu tidak bisa mengubahnya karena hal tersebut sudah berlalu.

Contoh penggunaan dalam kalimat

Setelah  kamu memahami perbedaan dari “hope” dan “wish”, saatnya kamu memahami perbedaan keduanya dari kedua kalimat tersebut.

Contoh penggunaan “hope” dalam kalimat yang menggunakan present tense:

  • I hope it doesn’t rain today.
  • I hope I see you at dinner tonight.

Kedua contoh kalimat di atas menunjukkan harapan akan suatu hal yang masih mungkin akan terjadi di masa depan.

Contoh penggunaan kata “hope” dengan past tense:

  • Andrew had to rush to the bus station. I hope he didn’t forget his wallet.
  • Lisa, thanks for coming to the workshop yesterday! I hope you had a good time.

Pada kedua contoh kalimat tersebut, harapan tersebut merujuk pada suatu hal yang sudah terjadi, tetapi harapan itu masih ada hingga saat ini.

Contoh penggunaan kata “wish” untuk menunjukkan harapan saat ini:

  • I wish I had more money.
  • I wish I was taller.
  • I wish I had billionaire parents.

Ketiga contoh kalimat tersebut adalah harapan yang dimiliki saat ini, tetapi orang yang mengatakannya pun tahu bahwa itu adalah harapan yang hampir tidak mungkin terjadi.

Contoh penggunaan kata “wish” untuk menunjukkan harapan akan masa lalu:

  • I wish my friends had not forgotten my birthday party.
  • She wishes she had not said something impolite to the teacher.
  • He wishes he had brought an umbrella or a raincoat.

Ketiga contoh kalimat ini menunjukkan suatu penyesalan akan suatu kesalahan atau keputusan yang tak diambil. Kata “wish” menunjukkan adanya harapan akan suatu hal yang berhubungan dengan masa lalu dan hal tersebut tentu tidak bisa terjadi.

Kamu sudah paham kan, perbedaan keduanya? Jangan sampai salah ya saat menggunakannya, Kalau ingin belajar bahasa Inggris dengan hasil yang maksimal tetapi tetap menyenangkan, bergabunglah di EF! Kami mempunyai guru yang profesional dan metode yang unik yang akan memberimu pengalaman berbeda nan seru dalam belajar bahasa Inggris.

Sampai jumpa di kelas! klik disini untuk coba kelas gratis, atau banner di bawah ini ya

 

Close

Kelas Percobaan Gratis