ID Facebook

Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Perbedaan Verb 1 - Verb 2 - Verb 3

Perbedaan Verb 1 - Verb 2 - Verb 3

Dalam bahasa Inggris, setiap kata kerja memiliki tiga bentuk yang berbeda, yaitu verb 1 atau infinitive verbverb 2 atau past simple, serta verb 3 atau bisa kamu sebut sebagai past participle. Ketiga bentuk verb tersebut memiliki cara penggunaan yang berbeda. Meski begitu, ada pula contoh verb yang termasuk ke dalam bentuk kata kerja berbeda tetapi memiliki penulisan dan pelafalan yang sama. Lalu, apa yang membedakannya? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Infinitive verb

Ini adalah bentuk paling dasar dari kata kerja. Biasanya, kata kerja yang satu ini digunakan dalam simple present tense dan berbagai continuous tenses. Artinya, kamu bisa menggunakan bentuk dasar dari verb untuk membuat kalimat yang menunjukkan fakta, kebiasaan, atau keadaan yang terjadi pada saat ini atau pada saat lampau.

Penggunaan infinitive verb pada simple present tense adalah ditulis tanpa imbuhan apapun. Contoh penggunaan verb ini dalam kalimat adalah, “I watch movies every day.” Kalimat tersebut menunjukkan suatu kebiasaan, di mana sang penulis menyatakan bahwa ia menonton film setiap hari. Sementara itu, verb 1 harus diberi imbuhan “+ing” dalam kalimat yang termasuk pada simple present continuous. Contohnya, “I am watching Parasite right now.” Pasalnya, kalimat ini menunjukkan suatu kejadian yang sedang berlangsung pada saat ini.

Verb 1 juga bisa digunakan dalam simple past continuous, dengan rumus yang sama dengan penggunaannya dalam simple present continuous. Contohnya, “I was watching Parasite when my mother came into my room.” Kalimat tersebut menunjukkan suatu hal yang sedang berlangsung pada masa lampau.

Simple past

Berikutnya, bentuk kedua dari kata kerja disebut sebagai verb 2 atau simple past. Bentuk kata kerja ini digunakan pada kalimat yang menjelaskan tentang suatu kejadian pada masa lampau. Biasanya, bentuk verb 2 dan 3 itu sering kali sama. Namun, ada beberapa kata kerja yang verb 2 dan 3 memiliki bentuk yang berbeda.

Kata kerja yang bentuk kedua dan ketiganya berbeda disebut sebagai irregular verbs. Sementara itu, kata kerja yang verb 2 dan 3 memiliki bentuk yang sama disebut sebagai regular verbs. Contoh bentuk kedua dari regular verb adalah verb 1 yang diberi imbuhan “d” atau “-ed” pada akhir kata.

Misalnya, “arrive” ditulis menjadi “arrived” sebagai bentuk past simple-nya. Dalam kalimat, penggunaan verb bentuk kedua ini bisa seperti berikut, “He arrived at my house yesterday night.” Artinya, “Dia sampai di rumahku kemarin malam.” Hal tersebut menjelaskan sebuah kejadian pada masa lampau. Sementara itu, penulisan kata kerja bentuk kedua pada irregular verbs sangat bervariasi, karena tidak ada aturan pasti mengenai hal ini. Contohnya, kata “eat” memiliki bentuk kedua yang ditulis, “ate”. Oleh sebab itu, penggunaannya dalam kalimat menjadi, “She ate pasta with me yesterday,” yang artinya, “Dia makan pasta denganku kemarin.”

Past participle

Bentuk ketiga dari kata kerja disebut sebagai past participle. Secara sederhananya, verb 3 digunakan untuk membuat kalimat yang menunjukkan suatu kejadian telah selesai dilakukan. Namun, hal ini tidak berpatokan pada masa lalu saja. Pasalnya, kamu bisa menggunakan past perfect pada present perfect tense, past perfect tense, hingga future perfect tense.

Pada past perfect tense, verb 3 ini digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Tetapi penggunaannya berfungsi untuk menekankan hasilnya. Contoh, “I had eaten my lunch before I went to my friend’s house yesterday.” Sementara, pada present perfect tense, verb 3 digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang menunjukkan suatu kejadian yang telah selesai. Contohnya, “I have finished my lunch.” Lalu, pada future perfect tense, verb 3 digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang pasti akan selesai di masa depan. Contohnya, “I will have finished my lunch before I go to my friend’s house tomorrow.”

Sekarang, kamu tentu sudah paham perbedaan ketiga verb tersebut. Teruslah berlatih menulis dan menggunakan ketiga jenis verb ini dalam berbagai kesempatan agar tidak tertukar. Klik link ini untuk mengetahui bahasa Inggris lebih lanjut! Selamat mencoba, EF Friends

Close

Kelas Percobaan Gratis