ID Facebook

Kursus Bahasa Inggris Di Bogor

Media

Skor TOEFL tinggi untuk kamu, bagaimana caranya?

Skor TOEFL tinggi untuk kamu, bagaimana caranya?

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris menjadi berkas yang harus kamu sertakan dalam melamar kerja atau beasiswa. Salah satu yang sering dilampirkan yaitu sertifikat TOEFL, skor tersebut bisa menjadi penentu keberhasilanmu.

Sebelum masuk tips biar kamu bisa dapat skor TOEFL yang tinggi, kamu tau gak apa itu TOEFL ? Ini dia jawabannya, Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara bagian Amerika utara. TOEFL terdiri dari 4 bagian yaitu, listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Ada lima jenis TOEFL yaitu:

  1. Prediction test
    Mengikuti tes TOEFL membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu kamu bisa mengambil TOEFL prediction test terlebih dulu. Tujuannya agar kamu bisa mengukur kemampuan bahasa Inggrismu terlebih dulu kemudian mengevaluasi kekuranganmu.
  2. Internet based test
    Internet based test (IBT) adalah tes TOEFL yang dilakukan via internet. Durasi IBT kurang lebih 4-5 jam dengan penilaian skor mulai dari 0-120.
  3. Computer based test
    Computer Based Test (CBT) adalah tes TOEFL yang dilakukan langsung di komputer. Skor untuk CBT adalah 30 – 300.
  4. Paper based test
    Paper based test (PBT) adalah tes TOEFL yang dikerjakan melalui media kertas, layaknya ujian pada umumnya. Durasi pengerjaan PBT ini kurang lebih 3 jam. Rentang skor tes TOEFL jenis ini antara 310-667.
  5. Institutional Testing Program
    Institutional Testing Program (ITP) merupakan tes yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa terpercaya. Namun, untuk soal yang diberikan tetap mengikuti standar internasional. Biasnya, ITP tidak diakui secara internasional dan hanya diakui di dalam negeri dan beberapa negara di Asia.

Sudah tau kan, sekarang langsung aja yuk ikuti tips dibawah ini untuk mendapat skor TOEFL yang tinggi.

Hmmm, tau gak kamu mengerjakan TOEFL butuh yang namanya PDKT loh, yaitu melalui belajar. Kamu bisa mengikuti les preparation atau alokasian waktu untuk belajar 2 jam sehari selama seminggu sebelumnya tes dilaksanakan. Kamu harus disiplin dan konsisten terhadap peraturan ini, agar otakmu bisa semakin akrab dan intim dengan soal-soal pada tes nanti.

Agar telingamu lebih peka dengan soal listening, perbanyaklah nonton film dengan subtitle bahasa Inggris. Percakapan bahasa Inggris bisa jadi terasa tak familiar di telinga kamu. Nah, untuk mengatasi itu kamu bisa latihan dengan memperbanyak nonton film dengan subtitle berbahasa Inggris. Jadi telingamu bisa lebih familiar dengan conversation. Selain kamu lebih paham cara pengucapan dan maknanya.

Sesi listening itu pasti butuh konsentrasi tinggi, karena soal hanya diputar sekali. Cukup beri tanda pada lembar jawaban agar kamu tak terdistraksi. Meski bukan native berbahasa Inggris, bukan berarti kamu tak berhak untuk punya skor tinggi di sesi listening ya. Percakapan dan bacaan akan diputar sekali tanpa di ulang lagi. Nah, agar kamu tak ketinggalan informasi, alangkah baiknya kamu berhenti menyibukan diri dengan membulati lembar jawaban. Kamu bisa memberikan tanda centang di bagian soal atau kamu bulati sekedarnya di lembar jawabannya. Jika sesi ini sudah berakhir, barulah kamu sempurnakan bulatanmu.

Ini dia yang banyak orang tidak sadar ketika tes TOEFL, karena bacaan panjang yang bisa menghabiskan banyak waktu, bacalah soalnya terlebih dahulu, dengan begitu kamu lebih tahu pada paragraf mana kamu harus fokus.

Terbatasnya waktu bisa kamu siasati dengan fokus pada sesi yang punya skor tinggi, misalnya structure dan listening

Jangan terlalu lama terpaku pada soal yang sulit dipecahkan, karena masih ada soal lain yang menanti untuk dikerjakan. Alih-alih hanya fokus mengerjakan soal susah yang bermenit-menit tak kunjung mendapat jawaban, alangkah baiknya kamu tinggalkan sejenak dan move on untuk mengerjakan soal lainnya jika menemui soal yang susah.

Jangan lupa mengoreksi soal yang susah menurut mu, jika masih ada waktu luang. Hal ini bertujuan untuk memastikan jawabanmu sudah tepat. Namun hal ini tidak berlaku untuk sesi listening lho ya.

Konsumsilah makanan yang sehat dan meningkatkan fokus otak agar skor TOEFL-mu bisa lebih maksimal. Gak cuma materi saja yang perlu kamu persiapkan, tubuh sehat dan otak yang fresh juga butuh kamu perhatikan. Pilihlah menu makanan yang bisa meningkatkan fokus otak, misalnya telur, coklat, kacang-kacangan, daging, dan tak lupa makan buah.

Nah itu dia tips-tips yang wajib banget kamu lakukan. Semoga berhasil ya!

Close

Kelas Percobaan Gratis